Sabtu, 06 September 2014

Pengertian sel sel adalah sel itu merupakan struktur terkecil ukuran sel struktur sel
Organisasi seluler merupakan susunan bagian-bagian tubuh yang berupa kumpulan sel. Sel berasal dari bahasa latin cella yang artinya ruang kecil. Orang pertama yang menemukan sel adalah Robert Hoke (1665) yang melakukan pengamatan terhadap sayatan  gabus dengan menggunakan mikroskop. Beliau melihat adanya ruangan-ruangan kecil yang menyusun  gabus tersebut. Kemudian ruangan kecil tersebut diberi nama sel. Istilah sel  ini terus di gunakan sampai sekarang. Brown (1831) menyampaikan bahwa sel adalah suatu ruangan kecil yang dibatasi oleh membran, yang di dalam nya terdapat cairan (protoplasma). Protoplasma terdiri dari plasma sel atau sitoplasma dan inti sel atau nukleus. Di dalam inti sel terdapat plasma inti atau nukleoplasma. Sekitar  tahun 1839 ahli fisiologi Jerman Theodor schwan menyatakan bahwa organisme tersusun atas sel. Dari mana sih sel itu? Kalian tahu gak? Ahli fisika Jerman Rudolf Virchow mengemukakan bahwa sel berasal dari sel yang ada sebelumnya. Teori sel berasal dari sel di perkuat oleh berbagai eksperimen ahli mikrobiologi Perancis Louis Pasteur yang dilakukan antara tahun 1859-1861. 
Pengertian Sel

Berapakah Ukuran sel?
Ukuran sel bermacam-macam. Ada yang hanya 1-10 mikron, misalnya bakteri, ada yang mencapai 30-40 mikron misalnya protozoa, dan ada pula yang melampaui beberapa sentimeter, misalnya serabut kapas.
Apa yang di maksud dengan sel?

Sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup, yang dapat melakukan kehidupan. Sel dikatakan sebagai unit terkecil karena tidak bisa dibagi-bagi lagi sehingga menjadi bagian yang lebih kecil yang berdiri sendiri.Secara setruktural, tubuh makhluk hidup terrsusun atas sel-sel sehingga sel disebut satuan setruktural makhluk hidup. Secara fungsional, tubuh makhluk hidup dapat menyelenggarakan kehidupan jika sel-sel penyusun itu berfungsi. Karena itu sel juga disebut satuan fungsional makhluk hidup. Sel mengandung materi genetik, yaitu materi penentu sifat-sifat makhluk hidup. Dengan adanya materi genetik, sifat makhluk hidup dapat di wariskan kepada keturunanya

Materi Selanjutnya
Struktur Sel
Sistem Transpor Membran Sel

0 komentar:

Posting Komentar